Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Rencanakan Pembelian Saham Newmont dalam Tiga Bulan


 

Jakarta, 12/01/2011 MoF (Fiscal) News - Keputusan pemerintah untuk membeli tujuh persen saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara akan diputuskan dalam tiga bulan mendatang. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, Rabu (12/01). 

"Newmont itu kita masih ada waktu tiga bulan untuk merespon, dan kita telah sampaikan pemerintah berminat karena industrinya termasuk industri yang strategis," ujarnya. Pemerintah sendiri belum menentukan mekanisme pembelian saham tersebut. Meski demikian, Newmont diharapkan dapat menjadi perusahaan dengan tata kelola dan standar operasional yang baik. "Kita ingin bahwa institusi ini bisa menjadi public company, tapi pemerintah belum menjawab bagaimana bentuknya. Belum tentu BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," ujarnya. 

Sebelumnya, Direktur Barang Milik Negara (BMN) II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Arif Baharuddin menyampaikan bahwa pembahasan mengenai saham Newmont baru sebatas rencana pengambilan sisa saham tersebut sebesar tujuh persen, dengan nilai 271,6 juta dolar AS. "Jumlah tersebut yang ditawarkan Newmont kepada tim valuasi pemerintah, dan pemerintah berencana mengambil saham itu, baru di situ dulu pembahasannya," tegasnya.(IS)