Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Respon Revisi Peringkat S&P

Jakarta, 07/05/2013 MoF (Fiscal) News – Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) merevisi prospek utang Indonesia yang sebelumnya positif menjadi stabil. Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Keuangan Hatta Rajasa mengatakan hal tersebut merupakan signal bagi Indonesia, guna terus melakukan reformasi pada kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah.

Pemerintah, menurut Hatta, terus mencermati segala respon yang datang dari dalam maupun luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Kita mencermati apa yang di outlook S&P maupun Moody's maupun World Bank. Kita cermati dan tentu memperhatikan sinyal itu. Tentu kita akan berikan respon positif untuk melakukan perbaikan, untuk melakukan langkah-langkah terhadap reform dari ekonomi kita," ujar Hatta di kantornya, Senin (6/5/13).

Dirinya menambahkan, sebagai salah satu negara yang masih memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi di tengah masih memburuknya ekonomi global, segala kebijakan yang diambil pemerintah khususnya bagaimana menjaga ketahanan fiskal, menjadi sorotan dunia internasional.

"Intinya itu ada hal penting yang harus dicermati. Pertama itu adalah tentu orang akan melihat bagaimana kesehatan fiskal kita dalam konteks subsidi itu intinya,” tambahnya.

Untuk itu, dirinya memastikan segala kebijakan yang diambil pemerintah telah melalui kajian yang mendalam. Baik dari sisi, ekonomi, sosial dan politik. "Jangan terlalu khawatir, tapi itu sinyal bahwa kita harus melakukan terus upaya untuk perbaiki itu,” tutupnya. (rja)