Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Rumuskan Berbagai Kebijakan Guna Tingkatkan Ekspor dan Redam Inflasi

Jakarta, 21/06/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah memproyeksikan kinerja ekspor RI pada tahun 2014 meningkat pada kisaran 6,8 persen hingga 7,1 persen. Menurut Menteri Keuangan M. Chatib Basri, kinerja ekspor RI di tahun 2014 akan mengalami perbaikan, seiring volume perdagangan dunia yang akan membaik. "Meningkatnya kinerja ekspor RI didukung oleh proyeksi global demand yang membaik," katanya, Kamis (20/6).

Pihaknya memaparkan, berbagai bentuk kebijakan telah dilakukan Pemerintah untuk  mendorong ekspor dan meningkatkan investasi nasional di tahun 2014 seperti. "Seperti kita ketahui bersama sudah dibentuk tim nasional PEPI (Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi), yang sekarang sedang bekerja untuk memperbaiki beberapa peraturan investasi serta mendorong ekspor untuk potensi daerah dan penggunaan produk dalam negeri serta revitalisasi industri bernilai tambah dan berdaya saing," kata Menkeu. 

Terkait strategi penanganan inflasi di tahun 2014, Menkeu memaparkan, pemerintah telah memiliki kebijakan meliputi peningkatan produksi pangan, perluasan area dan optimalisasi lahan, serta perbaikan aturan alih fungsi lahan. "Intinya kita lakukan peningkatan availability atau peningkatan ketersediaan pangan berikut peningkatan distribusinya. Sehingga setelah tahun 2013 inflasinya diperkirakan 7,2 persen, maka diharapkan pada tahun 2014 infalsinya bisa hanya di kisaran 4,5 plus minus 1 persen," tegas Menkeu.