Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Sampaikan Tanggapan atas Konsep Hasil Pemeriksaan LKPP 2016

Jakarta, 10/05/17 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaian Tanggapan Pemerintah atas Konsep Hasil Pemeriksaan LKPP dan Exit Meeting Pemeriksaan LKPP Tahun 2016 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menkeu menyampaikan apresiasinya atas kerja sama jajaran BPK.

“Saya berterima kasih atas kerjasama yang saya anggap sangat sangat luar biasa baik tahun ini, terutama karena saya baru kembali lagi menjadi Menteri Keuangan. Kami sangat menghargai komunikasi dan interaksi antara pemerintah dan BPK di dalam proses audit atas LKPP tahun 2016 yang dilandasi dengan semangat untuk meningkatkan efektivitas efisiensi transparansi dan akuntabilitas di dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara” ujar Menkeu dalam sambutannya pada acara yang berlangsung di Auditorium BPK, Selasa (09/05).

Konsep laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2016 meliputi beberapa temuan pemeriksaan sistem pengendalian intern dan beberapa temuan pemeriksaan kepatuhan. Temuan tersebut diungkapkan dalam konsep laporan hasil pemeriksaan yang telah disampaikan kepada pemerintah melalui Menkeu untuk memperoleh tanggapan dan action plan pada tindak lanjut hasil pemeriksaan sistem pengendalian intern.

“Pemerintah telah menerima konsep laporan hasil pemeriksaan LKPP tahun 2016 dari BPK pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2017, selanjutnya pada hari ini pemerintah menyampaikan tanggapan terhadap konsep laporan hasil pemeriksaan tersebut. Berdasarkan konsep laporan hasil pemeriksaan yang disampaikan BPK kepada pemerintah terdapat 16 temuan atas LKPP tahun 2016 yang perlu mendapatkan tanggapan dari pemerintah,” jelas Menkeu.

Selanjutnya sesuai amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara, Pemerintah akan menyiapkan dan menyampaikan laporan tindak lanjut terhadap rekomendasi terkait temuan pemeriksaan BPK atas LKPP tahun 2016 dalam waktu 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan atas LKPP tahun 2016

“Kami mewakili Pemerintah secara khusus mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Auditor BPK Republik Indonesia yang telah melaksanakan audit LKKL, LKBUN dan LKPP dengan penuh semangat untuk meningkatkan transparansi kualitas pengelolaan dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara untuk masa ke depan. Kami tetap berharap agar para Menteri dan Pimpinan lembaga terus meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan BPK, di dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara,” pungkasnya. (ip/as)