Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Sebagai Akeselerator Pembangunan

Jakarta, 04/04/2017 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menghadiri diskusi panel sebagai salah satu panelis di acara Diskusi Ekonomi dan Launching Buku Menuju Ketanggguhan Ekonomi, Sumbang Saran 100 Ekonom Indonesia, pada Selasa, (04/04) di main hall gedung Bursa Efek Indonesia.

Pada kesempatan ini, Wamenkeu  menyampaikan bahwa tahun ini belanja barang menggunakan flat policy, yaitu situasi ketika belanja tahun berjalan tidak lebih dari tahun sebelumnya. Belanja Negara pada tahun 2017 akan difokuskan kepada belanja infrastruktur yang langsung bersentuhan dengan rakyat dan berorientasi pada hasil.

Fokus belanja infrastruktur ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Joko WIdodo yang mengatakan bahwa pemerintah sudah bukan lagi regulator tetapi akselerator. Dengan begitu, rencana pemerintah dapat dilaksanakan, diimplementasikan dan langsung menghasilkan.

"Kita sudah saatnya mengakselerasi semua regulasi yang ada," tegas Wamenkeu.

Menutup paparannya, Wamenkeu menyampaikan bahwa kunci mencapai semua itu adalah sinergi. Pertama, sinergi dari pemerintah pusat dan daerah. Sinergi ini dicapai dengan menyusun sebuah strategi untuk menyelaraskan antara APBN dengan APBD provinsi dan kabupaten/kota. Kedua, sinergi antar ekonom, dan ketiga adalah sinergi dari sektor fiskal, sektor moneter, sektor jasa keuangan dan juga pelaku usaha. (yg/rsa)