Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Segera Bangun Infrastruktur Penunjang KEK Mandalika

Jakarta, 13/02/2017 Kemenkeu - Pemerintah akan melakukan langkah serius untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini akan ditandai dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya. Kelengkapan fasilitas tersebut akan menunjang KEK dapat untuk mengembangkan dan membangun diri.


"Berbagai persyaratan bagi beroperasinya KEK telah siap seperti lahan, administrator dan aparatur administrator, pelimpahan kewenangan, perangkat pendukung dan infrastruktur dalam kawasan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution seperti dikutip melalui laman Kemenko Perekonomian pada Senin (13/02).


Selain itu, infrastruktur wilayah juga tengah dikembangkan dan disempurnakan, khususnya yang terkait dengan konektivitas. Di tahun ini, Bandara Internasional Lombok (BIL) akan dilengkapi dengan dua apron baru untuk pesawat berbadan lebar, serta perpanjangan landas pacu menjadi 3.000 meter.


Darmin juga menggarisbawahi salah satu keunggulan KEK Mandalika yaitu penerapan green infrastructure. Nantinya, suplai air bersih dan air minum bagi resor Mandalika berasal dari proses desalinasi air laut. Demikian pula dengan suplai tenaga listrik, yang dirancang melalui pembangkit energi surya. Ini tentunya akan menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di KEK.


Sebagai informasi, Mandalika merupakan bagian dari 10 destinasi pariwisata prioritas pemerintah, selain Candi Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Wakatobi, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Morotai dan Tanjung Kelayang. (as/rsa)