Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Serahkan Tanggapan atas Konsep Hasil Pemeriksaan LKPP 2015

Jakarta, 09/05/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mewakili pemerintah menyampaikan Tanggapan Pemerintah Atas Konsep Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2015 di Kantor Pusat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta pada Senin (9/5).

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menyerahkan LKPP (unaudited) kepada BPK pada 30 Maret 2016 lalu. Menurut Ketua BPK Harry Azhar Aziz, tanggapan pemerintah diperlukan untuk memberikan informasi yang seimbang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan BPK. “Kami berharap forum ini dapat menjadi media komunikasi yang efektif antara pemerintah dan BPK,” katanya.

Setelah menerima tanggapan pemerintah, lanjutnya, BPK akan segera menyelesaikan laporan hasil pemeriksaannya untuk disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Sebagaimana kita ketahui bahwa hasil dari pemeriksaan ini adalah berupa opini atas LKPP tahun 2015,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini harapan masyarakat terhadap opini BPK atas laporan keuangan terus meningkat, karena laporan BPK merupakan tolok ukur kualitas laporan keuangan. “Masyarakat dapat menilai sejauh mana transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menyediakan informasi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara kepada publik,” terangnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menkeu mengungkapkan bahwa pemerintah akan menggunakan hasil pemeriksaan BPK untuk melakukan koreksi dan penyesuaian atas LKPP tahun 2015. “Hasil pemeriksaan dan rekomendasi oleh BPK akan digunakan juga oleh pemerintah untuk melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara di masa yang akan datang,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah berharap kerja sama dengan BPK yang telah terjalin baik selama ini dapat terus ditingkatkan, khususnya dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara.(nv)