Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Serahkan Tanggapan Konsep LHP LKPP 2012 ke BPK

Jakarta, 14/05/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah yang diwakili Plt. Menteri Keuangan Hatta Rajasa selaku bendahara negara, menyerahkan tanggapan atas konsep Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2012 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penyerahan LHP LKPP yang berlangsung di Gedung BPK pada Selasa (14/5) tersebut, juga dihadiri oleh sejumlah wakil dari Kementerian/ Lembaga (K/L) terkait.

Sebelumnya, anggota II BPK Taufiequrachman Ruki mengatakan, pertemuan antara pemerintah dan BPK ini merupakan sarana komunikasi dan memberikan klarifikasi, dalam rangka tindak lanjut ikhtisar hasil temuan BPK dalam Laporan Keuangan tahun 2012, yang telah diserahkan kepada pemerintah pada 3 Mei 2013 yang lalu. “Pada Kementerian Keuangan itu ada 8 laporan keuangan yang harus dipertanggungjawabkan, Laporan Kementerian Keuangan, dan yang tujuh lagi itu adalah Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara. Dan ini total volumenya bisa sampai 75 persen dari APBN,” kata Ruki.

Terkait laporan keuangan yang sudah harus diserahkan ke DPR pada 1 Juni 2013 mendatang, maka  waktu yang dimiliki hanya tinggal 1 bulan saja. “Ini adalah sebuah prosedur audit yang harus ditempuh. BPK tidak bicara soal substansi, dan yang penting laporan keuangan itu catatannya harus benar. Sehingga dari segi akuntansi keuangan negara sudah bisa kita pertanggungjawabkan,” ucapnya. (ak)