Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Siapkan Dukungan untuk Ekonomi Digital

Jakarta, 07/06/2016 Kemenkeu -Pemerintah menyadari besarnya potensi perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Dengan teknologi infomasi dan komunikasi di Indonesia yang juga semakin berkembang, yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana masyarakat bisa menggunakan teknologi digital yang makin berkembang tersebut dengan lebih maksimal.


“Misalnya saja untuk jaringan distribusi dan perdagangan, ini menjadi area yang mudah dimasuki aplikasi digital untuk memperpendek rantai distribusi dalam tata niaga. Ke depannya, roadmap e-commerce dan program ekonomi digital lainnya perlu memperhatikan bagaimana masyarakat dapat memaksimalkan penggunaannya,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, akhir pekan lalu, seperti dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian.


Untuk itu, pemerintah berencana meluncurkan program nasional untuk mengembangkan ekonomi digital berupa roadmap e-commerce. Selain itu juga, pemerintah mulai memberikan perhatian untuk pengembangan Sumber Daya Manusia. “Kita sebenarnya punya aturannya dan kelembagaanya, tapi kita perlu kebijakan untuk mendorong itu berkembang,” tambah Darmin. Nantinya, akan ada mekanisme norma standar yang nantinya dapat digunakan dalam mengembangkan pelatihan dan pendidikan vokasional. (as)