Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Targetkan Dana Riset 1 Persen dari PDB

Jakarta, 01/04/2016 Kemenkeu - Pemerintah menargetkan adanya kenaikan pada pendanaan riset mendekati batas ideal di 1 persen dari PDB. Ini disampaikan oleh Menteri Keuangan saat peluncuran Indonesia Science Fund/Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) di Aula Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (30/03).

“Saat ini pendanaan penelitian masih sekitar 0,09 persen dari PDB, sehingga butuh diupayakan peningkatan alokasi pendanaan untuk penelitian yang lebih signifikan. Baik dari pemerintah maupun dunia usaha, industri maupun dari sumber lain yang sah, sehingga mampu meningkatkan rasio pendanaan mendekati apa yang ideal sekitar 1 persen dari PDB,” jelas Menkeu.

Ke depan ia berharap melalui inisiatif DIPI ini dapat meningkatkan jumlah riset yang ada, terlebih dengan kerja sama dari lembaga internasional. “Keterlibatan pendanaan internasional, bukan saja menambah jumlah riset, tapi juga dapat terwujudnya kolaborasi riset dari periset Indonesia dan periset terbaik dunia,” kata Menkeu.

Sebagai informasi, DIPI adalah lembaga mandiri di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia yang memberikan pendanaan bagi penelitian fundamental. DIPI dapat menjadi wadah yang membantu menciptakan ilmuwan dan teknokrat terbaik Indonesia. (as)