Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Tegaskan Keseriusan Pembangunan Kilang Minyak di Indonesia

Jakarta 20/03/2014, MoF Fiscal News – Pemerintah sangat serius membangun kilang minyak di Indonesia. Untuk itu, jika tidak ada investor yang berminat membangun kilang minyak, pemerintah akan mendorong PT Pertamina (persero) untuk membangun kilang minyak di Indonesia.


“Tapi kalau tidak ada yang mau karena berbagai hal, tidak ada pilihan Pertamina harus bangun (kilang) di-support oleh pemerintah. Karena ini bukan saja persoalan keekonomian, tapi ini sudah menyangkut masa depan  bangsa kita untuk mensuplai BBM (bahan bakar minyak),” demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (19/3).


Seperti dikutip pada laman Kemenko Perekonomian, Menko Perekonomian mengatakan bahwa sebenarnya terdapat investor kilang minyak yang berminat membangun kilang minyak di Indonesia, tetapi meminta keringanan pajak yang tidak masuk akal, bahkan melanggar peraturan perundangan yang berlaku. “Persoalan kemarin itu ada satu insentif yang tidak mungkin kita berikan berdasarkan UU (undang-undang). Misalnya IRR-nya (Internal Rate of Return) sudah kita tepati, tax holiday sudah kita berikan,  tapi mereka  meminta untuk diberikan special tax sebesar 5 persen. Ini melanggar UU, ini sudah membentur UU, ini tidak mungkin. Itu yang membuat tidak berjalan,” jelas Menko Perekonomian.


Oleh karena itu, menurutnya, Pertamina harus membangun kilang minyak sendiri. Pembangunan kilang minyak sendiri ini dianggap penting, karena ketidakpastian ketersediaan BBM impor. “Berikan waktu beberapa bulan ke depan, saya akan bilang kepada Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) kalau tidak ada (investor) yang berminat (membangun kilang), kita ambil opsi yang lain, yaitu opsi kita bagun kilang,” jelasnya.(nic)