Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terbitkan SBN dalam Jumlah Besar di Semester I-2014

Jakarta, 31/12/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah berencana menerbitkan Surat Berharga Negara yang cukup besar di semester I-2014 atau disebut juga front loading strategy. Ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan di awal tahun. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengalolaan Utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Senin (30/12).

Untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pemerintah maka pihaknya telah menyusun strategi, di mana ada sebagian yang diambil di semester I dan II, tetapi secara umum akan dilakukan front loading strategy. “Jadi semester I akan banyak persentasenya (penerbitan), sekitar 60 persen dan di semester II sebesar 40 persen,” terangnya.
 
Sebagai informasi, jumlah penerbitan SBN secara bruto di tahun depan ditargetkan sebesar Rp362,01 triliun sedangkan secara netto sebesar Rp205,07 triliun.

Pihaknya mengharapkan prospek pasar SBN pada semester I akan lebih baik dibandingkan dengan semester II dengan mempertimbangkan situasi ketidakstabilan ekonomi global. “Tapi untuk kan kemarin sudah diumumkan tappering off kan kelihatannya dampaknya sudah berlalu, orang sudah terlalu sering mendengarnya. Mudah-mudahan pasar keuangan kita di semester I kondusif dan menarik,” urainya.

Ia menjelaskan strategi pemerintah dalam mengatur penerbitan SBN, yakni pada Semester I-2014 akan menerbitkan global bond, regular bond, lelang SUN reguler, Private Placement, Sukuk Ritel, dan SUN valuta asing domestik. Sedangkan untuk semester II akan menerbitkan obligasi negara ritel (ORI), Sun valuta asing domestik, surat berharga syariah negara (sukuk) ritel dan sukuk global. “Kalau valuta asing domestik kita pecah dua (penerbitannya) semester I dan II supaya tidak terlalu besar targetnya,” pungkasnya. (ans)