Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terus Berupaya Perlebar Ruang Fiskal dan Turunkan Defisit

Jakarta, 28/08/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan terus berupaya memperlebar ruang fiskal serta menurunkan defisit menuju anggaran yang berimbang agar kesinambungan fiskal dapat terjaga. Demikian diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri saat menghadiri sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa (27/8).

Menkeu mengakui, pemerintah memang membutuhkan ruang fiskal yang lebih besar, tetapi kebijakan tersebut tidak harus dilakukan dengan tingkat defisit yang semakin lebar. "Pemerintah mengupayakan peningkatan ruang fiskal atau fiscal space dengan mengurangi belanja-belanja wajib yang bukan menjadi prioritas, baik akibat dari ketentuan perundang-undangan ataupun karena beban subsidi yang besar dan tidak tepat sasaran," jelasnya.

Pembiyaan defisit akan dilakukan melalui pembiyaan nonutang dan utang, yang dilakukan secara transparan, akuntabel dan hati-hati dengan memperhitungkan biaya risiko dan kapasitasnya. "Dalam rangka mengurangi risiko yang timbul dari pembiyaan utang, pemerintah selalu memperhitungkan dari kondisi perekonomian jangka pendek dan jangka panjang, sehinga  diupayakan pembiayaan defisit agar selalu  terkendali dan selaras dengan upaya pemerintah untuk menurunkan rasio utang terhadap PDB (Produk Domestik Bruto)," imbuhnya.

Menkeu menambahkan, kebijakan penetapan defisit anggaran dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memiliki peranan yang sangat strategis dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi melalui pemberian stimulus fiskal secara terukur, tetapi tetap harus menjaga kesinambungan fiskal.(ak)