Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terus Cari Cara Kendalikan Konsumsi BBM

Jakarta, 28/04/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah terus mencari cara untuk mengendalikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Salah satu cara yang sedang dibahas saat ini adalah penggunaan diameter atau bentuk ujung selang (nozzle) yang berbeda untuk kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) atau low cost and green car (LCGC) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pembedaan nozzle di SPBU tersebut bertujuan agar LCGC tidak dapat menggunakan BBM bersubsidi. Namun, penggunaan perbedaan nozzle saat ini masih dalam tahap wacana. “Itu baru wacana,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo di Jakarta, Jumat (25/4).


Menurut Wamen ESDM, kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk pengendalian konsumsi BBM bersubsidi. Pengendalian BBM subsidi dengan cara apapun tidak akan efektif selama kalangan masyarakat yang mampu secara ekonomi masih menggunakan BBM bersubsidi. “Jadi kembali lagi kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus mencari cara yang tepat agar upaya pengendalian konsumsi BBM bersubsidi berjalan efektif. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan pembahasan bersama Pertamina dan Pemerintah Daerah. "Kami terus melakukan rapat dengan Pertamina dan juga pemerintah daerah untuk mengendalikan BBM. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasilnya," jelasnya.(nic)