Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terus Jaga Stabilitas Ekonomi Makro

Jakarta, 09/09/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menegaskan bahwa pemerintah telah menempuh berbagai kebijakan guna menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. Kebijkan tersebut diambil untuk mengantisipasi dampak tapering off Quantitative Easing (QE)

Menkeu mengimbau agar pelaku usaha dan pasar tetap tenang dalam mencermati perkembangan tapering off QE, karena pemerintah telah mengambil berbagai langkah antisipasi untuk mencegah pelemahan lanjutan yang terjadi pada pasar keuangan.

Sebelumnya, Menkeu mengatakan bahwa melalui berbagai langkah kebijakan yang telah dikeluarkan baik oleh pemerintah, Bank Indonesia, dan OJK, dampak QE dapat diminimalisasi dan defisit transaksi berjalan dapat diturunkan. "Pemerintah percaya bahwa walaupun tekanan terhadap pasar keuangan dan nilai tukar di emerging market itu cukup kuat  karena dampak dari QE, tetapi kita bisa melihat bahwa mudah-mudahan defisit dalam transaksi berjalan akan bisa kecil dibandingkan dengan triwulan II yang pada akhirnya juga akan memberikan stabilitas terjadap nilai tukar, sehingga tekanan terhadap nilai tukar rupiah itu bisa diatasi," jelasnya pada Senin (9/9).(ak)