Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terus Tertibkan Rekening Liar


 

 

Jakarta, 06/12/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah terus menggenjot penertiban rekening liar di lingkungan Kementerian/Lembaga (K/L) pusat. Dalam 3 tahun terakhir, 6000 rekening tidak jelas dengan dana sebesar Rp7 triliun telah ditutup. “Dan dananya telah masuk ke dalam kas negara,” ungkap Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo usai membuka sosialisasi UU Mata Uang di Jakarta pada Selasa (6/12).
 

Menkeu juga mengingatkan Inspektorat Jenderal (Itjen) masing-masing K/L untuk terus aktif menindak lanjuti rekening-rekening liar dalam kategori tidak jelas. “Kami menghimbau kepada setiap Itjen, baik di Kemenkeu maupun di K/L , bahwa Itjen harus betul-betul memperhatikan misalnya kalau ada rekening liar untuk diidentifikasi dan ditangani,” tegasnya.

Selain itu, Menkeu berharap penertiban seperti yang dilakukan di pusat, dapat juga diterapkan oleh pemerintah daerah (pemda). Tujuannya adalah untuk membangun tata keuangan yang lebih tertib. Hal tersebut terkait temuan PPATK terhadap PNS Muda yang terindikasi kaya karena korupsi. “Itu lebih menunjuk kepada kondisi lingkungan pemerintah daerah. Mungkin di lingkungan pegawai pemda ada pemahaman yang tidak baik tentang pengaturan anggaran,” katanya. (ikd)