Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Program Pemerintah Pusat

Jakarta, 27/06/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas program pemerintah pusat serta mengurangi defisit fiskal. Hal itu tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013. Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan, hal penting pertama adalah pemotongan anggaran belanja kementrian/lembaga (K/L) sebesar Rp13,2 triliun. “Usulan pemotongan anggaran ini dilakukan agar program pemerintah pusat menjadi lebih berkualitas dan sekaligus mengurangi defisit fiskal,” ungkap Firmanzah.

Perubahan belanja pemerintah pusat berikutnya, ujar Firmanzah, adalah pelaksanaan program khusus sebesar Rp16,9 triliun, yang di dalamnya terdapat anggaran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp9,7 triliun untuk 15,5 juta rumah tangga sasaran. Program khusus lainnya adalah anggaran pembangunan infrastruktur dasar sebesar Rp7,25 triliun.

Pihaknya juga memaparkan, anggaran pembangunan infrastruktur dalam APBN-P 2013 ini digunakan untuk membangun sistem penyediaan air minum desa untuk nelayan, daerah rawan air dan ibu kota kecamatan sebesar Rp2 triliun. Pembangunan air baku untuk air minum, irigasi, rawa, embung, pengaman pantai dan normalisasi sungai sebesar Rp2 triliun. Pembangunan infrastruktur pemukiman sebesar Rp2 triliun. "Dan tambahan anggaran untuk memperbesar cakupan desa dengan alokasi Rp250 juta/desa dengan total Rp1,25 triliun," paparnya.(ak)