Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Tetap Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,5 Persen

Jakarta, 23/05/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah optimistis target pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 sebesar 5,5 persen akan tetap tercapai, meskipun terdampak pemotongan anggaran belanja kementerian/lembaga (K/L).
 
“Ya perlambatan ekonomi itu pasti ada, jadi intinya pemotongan itu utamanya untuk belanja operasional. Tapi kalau kita bandingkan, paling tidak pemotongan ini tidak menimbulkan inflasi,” demikian dikatakan Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (23/5).
 
Ia menambahkan, pemangkasan pada belanja infrastruktur akan menyasar pada proyek-proyek yang diperkirakan tidak akan terlaksana pada tahun ini. Namun, pemangkasan tidak akan dilakukan terhadap anggaran untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti perbaikan jalan.

Selain itu, pemangkasan juga akan dilakukan terhadap belanja modal yang tidak prioritas seperti pembangunan kantor atau anggaran mobil dinas. “Intinya segala macam pemotongan ini harus diupayakan tidak mengurangi pelayanan kepada masyarakat, itu yang paling penting. Tapi mungkin proyek yang memang sulit atau tidak bisa dijalankan silakan di-cut,” urainya.
 
Dengan demikian, Wamenkeu II memperkirakan, pertumbuhan ekonomi akan tetap terjaga di level 5,5 persen, sesuai dengan asumsi pemerintah. “Mudah-mudahan tetap di atas 5 persen, tapi 5,5 persen ini juga harus (perlu) effort lah, tidak bisa kita hanya pasrah. Tapi menurut saya masih ada ruang,” pungkasnya.(ans)