Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Tetap Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target

Jakarta, 07/05/2014 MoF (Fiscal) News – Pemerintah masih optimistis target pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 dapat tercapai, meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan pada triwulan I-2014.

Untuk dapat mencapai target tersebut, investasi diharapkan dapat meningkat seiring dengan adanya kepastian politik di dalam negeri. “Saya kira ini tantangan bagi kita untuk terus meningkatkan pertumbuhan. Meskipun angka 5 persen boleh dikatakan sebetulnya di bawah target, namun secara global masih tetap baik,” demikian dikatakan Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo di Jakarta.

Menurutnya, ekonomi Indonesia di mata dunia masih cukup baik, hal ini terlihat dari laporan terbaru Bank Dunia yang menyatakan bahwa Indonesia masuk 10 ekonomi besar dunia. “Itu kita bangga bahwa apa yang kita lakukan sudah tercapai,” urainya.

Ia menambahkan, pemerintah hingga saat ini tetap menargetkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,7-5,8 persen. Menurutnya, hal tersebut dapat direalisasikan dengan mengandalkan investasi pada tiga triwulan ke depan, mengingat pada triwulan I ini investor masih cenderung wait and see terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). “Investasi meskipun meningkat (triwulan I) tapi belum secepat yang diharapkan.  Ya mudah-mudahan remaining year at least kita bisa mencapai angka yang lebih tinggi dibanding sekarang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Internasional Indonesia (BII) Juniman memprediksi, hingga akhir tahun ini pertumbuhan ekonomi akan berada di kisaran 5,3-5,6 persen. Untuk triwulan II-2014 sendiri, ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,4 persen, yang didorong oleh peningkatan konsumsi pemerintah karena menghadapi pemilihan presiden dan mulai membaiknya ekonomi global.

Perbaikan ekonomi global tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu meningkatan permintaan dan harga komoditas, sehingga kinerja ekspor akan mengalami perbaikan. “Untuk triwulan III pertumbuhan ekonomi saya prediksikan akan sebesar 5,7 persen dan triwulan berikutnya sebesar 5,9 persen. Dalam dua triwulan ini akan ada euforia election,” pungkasnya.(ans)