Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi XIII

Jakarta, 26/08/2016 Kemenkeu - Pemerintah kembali mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi XIII yang fokus pada Perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sejalan dengan program nasional pembangunan satu juta rumah, paket ini diharapkan dapat meningkatkan kesempatan kepemilikan rumah bagi MBR.

“Dengan paket kebijakan ekonomi ini, akan meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan rumah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dilansir laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Kamis (25/08).

Melalui paket ini, pemerintah akan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait penyederhanaan jumlah dan waktu perizinan, dengan menghapus atau mengurangi berbagai perizinan dan rekomendasi yang diperlukan untuk membangun rumah MBR. Awalnya, ada 33 izin dan tahapan yang harus dilalui, kemudian dipangkas menjadi 11 izin dan rekomendasi. Dengan pengurangan perizinan dan tahapan ini, waktu pembangunan MBR yang selama ini rata-rata mencapai 769 hingga 981 hari, dapat dipercepat menjadi 44 hari.

Pemerintah berharap, paket ini dapat mengakselerasi pembangunan rumah untuk MBR. Dengan pengurangan, penggabungan, dan percepatan proses perizinan untuk pembangunan rumah MBR, biaya untuk pengurusan perizinan diperkirakan berkurang hingga 70 persen. Selain itu, hal ini juga menjadi wujud pengamalan Nawacita sebagai misi pemerintahan Presiden Joko Widodo.(as)