Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Upayakan Efektivitas Penyerapan Belanja Modal



Jakarta, 06/07/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah berupaya mengefektifkan penyerapan belanja modal Kementerian/Lembaga (K/L). Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati saat ditemui usai Raker dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR Senayan, Jakarta pada Rabu (06/07).

Guna mempercepat dan mengefektifkan penyerapan belanja modal, Kementerian Keuangan memanggil K/L dengan alokasi belanja modal yang besar dan mendiskusikan mengenai penyerapan belanja modal tersebut setiap bulan. "Sekarang setiap bulan kita panggil Kementerian/Lembaga dengan alokasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan alokasi belanja modal terbesar untuk dicek mengapa mereka lambat, keterlambatan itu karena apa" ujar Wamenkeu. Selain itu, lanjut Wamenkeu, K/L juga harus membuat schedule mengenai disbursement setiap bulan untuk dapat dilakukan review.

Menurut Wamenkeu, pembayaran beberapa project  yang sedang berjalan akan dilakukan per termin. Oleh karena itu, ia  berharap percepatan penyerapan belanja modal dapat terjadi, dan pada kuartal III dan IV akan terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi. "Harusnya pertumbuhan ekonomi di kuartal III dan IV akan lebih baik," pungkasnya.(sgd)