Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Upayakan Stabilitas Harga dan Peningkatan Nilai Ekspor

Jakarta, 17/02/2014 MoF (Fiscal) News – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berkomitmen untuk fokus pada dua permasalahan, yaitu ketidakstabilan harga dan penurunan nilai ekspor. “Dalam satu atau dua hari ini, kita bisa petakan permasalahan dan to do list agar bisa kerjakan paling tidak dua permasalahan dari perekonomian kita,” tutur Lutfi di Jakarta (17/2).

Menurutnya, upaya menstabilkan harga-harga barang ini sangat penting agar tidak mengganggu inflasi. Kenaikan harga tidak hanya akan berdampak langsung kepada sektor mikro tetapi juga kepada perekonomian Indonesia secara makro. “Nah, itu bisa ganggu inflasi dan neraca perdagangan,” imbuhnya.

Ketidakstabilan harga terjadi karena keadaan lingkungan yang tidak bersahabat akibat bencana banjir dan erupsi gunung berapi, sehingga distribusi barang tergangggu dan harga meningkat. Lutfi mengakui, kenaikan harga memang berasal dari gangguan pada pasokan dan tingginya permintaan. “Jadi ini yang sedang kita kerjakan sekarang,” katanya.

Sementara itu, peningkatan nilai ekspor menjadi permasalahan berikutnya. Ditetapkannya Undang-Undang Mineral dan Batu Bara (UU Minerba) yang melarang ekspor bahan mentah telah menyebabkan nilai ekspor, terutama di sektor pertambangan, menurun. Selain itu, belum stabilnya kinerja perekonomian perdagangan juga ikut andil dalam penurunan kinerja ekspor tersebut. Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan akan segera melakukan konsolidasi dengan pihak-pihak yang terkait. (ans)