Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Upayakan Strategi Untuk Perkuat Ekonomi Domestik di Tengah Dinamika Ekonomi Global

Jakarta, 26/09/2016 Kemenkeu - Pemerintah terus mengupayakan strategi kebijakan fiskal yang tepat untuk menciptakan daya tahan ekonomi domestik, sekaligus meletakkan fondasi yang kuat bagi perekonomian global. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kerentanan perekonomian.

“Pemerintah akan terus melakukan upaya dan strategi dari sisi fiscal policy yang bertujuan untuk membuat Indonesia memiliki kemampuan menciptakan daya tahan ekonomi dan fondasi yang kuat terhadap perekonomian global, tidak sangat vulnerable terhadap satu atau dua komoditas," jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela Forum Analyst Meeting di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (23/09).

Sebelumnya, dalam forum tersebut, Menkeu menggambarkan bahwa seluruh pembuat kebijakan ekonomi di tataran global tengah dihadapkan pada tantangan yang tidak mudah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi global. Oleh karena itu, pada pertemuan G20 beberapa waktu lalu, para pembuat kebijakan menghendaki adanya langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global dengan cara melahirkan kebijakan-kebijakan yang pro pertumbuhan.

“Statement dari forum pertemuan G20 yang lalu, mereka menginginkan fiscal policy itu lebih ke arah friendly growth; jangan sampai para pembuat kebijakan dalam membuat kebijakan fiskalnya terlalu ketat, serta perlu diarahkan agar lebih ambisius dari sisi reform," urainya.

Sebagai informasi, Analyst Meeting ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, yang bertujuan untuk memberikan informasi kebijakan fiskal terkini kepada para analis, pengamat ekonomi, Lembaga Keuangan dan investasi di Indonesia.(hi)