Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemulihan Keseimbangan Eksternal Indonesia Terus Berlanjut

Jakarta, 14/11/2013 MoF (Fiscal) News – Pada triwulan IV-2013, proses pemulihan keseimbangan eksternal Indonesia diproyeksikan akan terus berlanjut, seiring perbaikan kondisi ekonomi dan keuangan global di tengah tren perlambatan ekonomi domestik.

Kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) diperkirakan terus membaik terutama ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat. NPI pada triwulan III-2013 mencatat defisit sebesar USD2,6 miliar, di mana relatif sama pada triwulan II-2013 sebesar US$2,5 miliar.

"Tren perbaikan transaksi berjalan juga diperkirakan terus berlanjut yang dipengaruhi oleh penurunan impor nonmigas dan berkurangnya defisit neraca jasa seiring melambatnya permintaan domestik," jelas Direktur Eksekutif Bank Indonesia Difi A. Johansyah pada Rabu (13/11).

Meskipun demikian, perbaikan kinerja NPI masih memerlukan koordinasi kebijakan lanjutan antara pemerintah dan Bank Indonesia, antara lain di sektor migas. Ke depan, perlu ada langkah-langkah pengendalian konsumsi BBM untuk mengurangi defisit transaksi berjalan dari masih tingginya impor minyak. (fin)