Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto pada penandatanganan Nota Kesepahaman penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di 10 Kementerian/Lembaga di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan pada Selasa (31/10).

Penempatan Lulusan PKN STAN di 10 K/L Diharapkan Dapat Menjadi Pemersatu Bangsa

Jakarta 01/11/2017 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto menandatangani Nota Kesepahaman penempatan lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di 10 Kementerian/Lembaga di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan pada Selasa (31/10). Nota Kesepahaman ini merupakan wujud komitmen Kementerian Keuangan untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dan pengamanan keuangan negara.

“Ini merupakan upaya kita terus bersama-sama dengan berbagai Kementerian/Lembaga membangun kualitas SDM di masing-masing k/l khususnya dalam pengelolaan keuangan negara. Diharapkan ini menjadi pemersatu bagi bangsa kita yang majemuk yang beragam di seluruh Indonesia sehingga para lulusan bisa menjadi perekat bangsa Indonesia.” Jelas Sekjen

Pada tahun 2017 Kemenkeu menerima permintaan alokasi lulusan PKN STAN dari 16 KL. Namun karena keterbatasan jumlah lulusan PKN STAN tahun 2017, maka Kementerian Keuangan hanya dapat menyetujui alokasi lulusan PKN STAN untuk 10 K/L.

Dari total 5.236 orang, 398 lulusan Diploma III jurusan akuntansi PKN STAN dialokasikan pada 10 K/L, yaitu  Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PAN-RB, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Narkotika Nasional, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal menyatakan bahwa saat ini tantangan bagi pemerintah adalah bagaimana meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dari LKKL.  

“Diharapkan dengan semakin banyaknya lulusan STAN ditempatkan di berbagai K/L, kualitas penyusunan laporan keuangan akan menjadi lebih baik lagi.” Ujar Sekjen

Terakhir, Sekretaris Jenderal berpesan kepada seluruh Sekretaris Jenderal dan Sekretaris Utama K/L terkait agar proses belajar serta pengembangan karir para lulusan PKN STAN dapat terus dijaga. (mr/rsa)