Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengamat Proyeksikan Inflasi RI Tahun Mendatang Relatif Rendah

Jakarta, 03/11/2011 MoF (Fiscal) News - Laju inflasi pada akhir 2011 berpotensi berada di angka 4,5 persen. Sementara, pada penghujung tahun 2012 inflasi diproyeksikan berada di angka 6 persen. Hal tersebut disampaikan ekonom senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan di Jakarta, Kamis (3/11).

"Ada deflasi dan inflasi tahun depan yang relatif rendah," katanya. Pernyataan tersebut didasari oleh optimisme bahwa pembangunan infrastruktur akan berjalan dengan lebih baik pada tahun mendatang, sehingga akan mendorong berjalannya sektor riil di Indonesia. Menurut Fauzi, hal tersebut pada gilirannya akan meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja.

"Adanya pembangunan infrastruktur dan proyek, otomatis akan mendorong penyerapan tenaga kerja dan income generation. Ini akan menurunkan inflasi dan suku bunga secara nasional," kata Fauzi. Dalam kesempatan tersebut, ia juga memproyeksikan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) pada akhir tahun 2011 hingga jelang akhir tahun 2012 akan berada di level enam persen. "BI Rate kita perkirakan akan turun ke 6% di akhir tahun ini sampai akhir tahun 2012," ungkapnya.(ak)