Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengarusutamaan Gender Standar Internasional Telah Diterapkan Bea Cukai

Jakarta, 09/08/2018 Kemenkeu – Pengarusutamaan Gender atau Gender Equality and Diversity (GED) telah diterapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai wakil dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di lingkup internasional bekerjasama dengan World Customs Organization (WCO) dan para negara anggotanya.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL), Ambang Priyonggo dalam acara Women Participation for Economic Inclusiveness pada Kamis (02/08) di Surabaya sebagai rangkaian program Voyage to Indonesia untuk Sidang Tahunan International Monetary Fund (IMF) – World Bank Group (WBG).

"Bea Cukai selama ini mendukung penuh implementasi GED berstandar internasional dengan menginklusikan GED dalam program transformasi kelembagaannya,” jelasnya seperti dikutip dari situs DJBC

Selain itu, menurutnya, reward dan role model diperlukan bagi keseluruhan institusi dan publik untuk menerapkan GED di lingkungan kerjanya, dan mendorong partisipasi perempuan di berbagai bidang, terutama di sektor teknologi dan e-commerce.

GED adalah bagian dari mandat konvensi internasional untuk Hak Asasi Manusia (HAM). Prinsip GED pada kebijakan dan prosedur kepabeanan serta infrastrukturnya adalah dukungan bagi Indonesia dan dunia untuk mewujudkan penegakan hak asasi manusia. (nr/rsa)