Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengaturan Kembali Pola Subsidi Demi Kepentingan Rakyat

BEI Hentikan Sementara Saham Mil


Pengaturan Kembali Pola Subsidi Demi Kepentingan Rakyat

 

Jakarta, 02/09/2010 MoF (Fiscal) News - Rencana Pemerintah untuk menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) awal 2011 mendatang bukan berarti tidak memikirkan rakyat miskin. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo, Kamis (02/09) usai mengikuti Rapat Kordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

Dalam roadmap tercermin, pemerintah akan mengatur kembali pola subsidi yang akan diberikan kepada masyarakat, seperti subsidi pupuk dalam waktu tiga tahun, subsidi listrik dalam waktu empat tahun dan subsidi BBM dalam waktu lima tahun. Subsidi tersebut nantinya akan digantikan dengan program lain yang lebih pro rakyat dan tepat sasaran. "Bukan berarti pemerintah tidak memperhatikan kaum yang termarginalkan atau yang susah, kita akan ada program khusus untuk memperhatikan dan memberdayakan masyarakat yang termarjinalkan tersebut," ungkap Menkeu.

Menkeu menjelaskan, dalam menentukan roadmap tersebut, pemerintah hanya ingin menciptakan APBN yang lebih sehat. "Jika pengelolaan subsidi dan pembayaran bunga digunakan untuk pembangunan, tentunya akan menghasikan yang lebih bermanfaat," pungkasnya.(DM)