Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengawasan yang Baik Dapat Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan

Jakarta, 26/11/2013 MoF (Fiscal) News - Inspektorat Jenderal (Itjen) memegang peranan penting dalam pengawasan di Kementerian/Lembaga (K/L). Menurut Menteri Keuangan M. Chatib Basri, Situasi perekonomian di Indonesia beberapa waktu terakhir, membutuhkan pengawasan yang baik sehingga governance (tata kelola pemerintahan) dapat terus ditingkatkan.

"Situasi ekonomi kita, dalam beberapa bulan terakhir ini ada tekanan sejak Agustus dalam pasar keuangan. Dampaknya nilai tukar melemah, stock market mengalami tekanan, imbal di pasar obligasi juga mengalami tekanan. Walau tak terkait langsung dengan Itjen, tapi saat perekonomian masuk dalam situasi berjaga-jaga, yang penting dilakukan adalah pengawasan," katanya dalam Rapat Pimpinan Akhir Tahun Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, di Aula Djuanda 1 pada Selasa (26/11).

Dalam situasi seperti tersebut di atas, masyarakat akan melihat tata kelola pemerintahan. Peran strategis dan penting ini di Kemenkeu berada di Itjen. "Karena sebuah negara akan dilihat orang bukan hanya potensi ekonominya tapi juga governance-nya. Karena itu, apa yang bapak dan ibu lakukan akan jadi hal ynag sangat krusial dalam melaksanakan tugas kita di Kemenkeu," jelas Menkeu. (fin)