Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengendalian Harga Pangan Berpotensi Timbulkan Deflasi

Jakarta, 16/07/2013 MoF (Fiscal) News– Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan bahwa pengendalian harga pangan, terutama daging sapi akan menimbulkan dampak deflasi pada pergerakan indeks harga konsumen. “Kalau harga daging yang mahal bisa diturunkan, itu bisa menimbulkan impact deflasi,” kata Menkeu, Senin (15/7).  

Menkeu mengisyaratkan bahwa Pemerintah optimis pengendalian harga pangan mampu mengembalikan tren inflasi ke jalur yang ditargetkan Pemerintah. ia juga memastikan bahwa pemerintah akan terus agresif mengendalikan harga komoditas untuk mengejar target inflasi 7,2 persen dalam APBN-P 2013. Menurutnya, pengendalian harga komoditas tidak hanya berfungsi untuk menjaga tingkat kesejahteraan, tetapi juga dapat mempengaruhi persepsi atas ekonomi Indonesia. 

Pengendalian inflasi melalui kontrol harga komoditas, kata Menkeu, adalah indikator tingkat konsumsi domestik akan bertahan kuat sepanjang tahun. Tingkat konsumsi itu kemudian dapat menjadi dasar bagi otoritas moneter untuk memperlonggar kebijakan moneter yang tujuan utamanya adalah pengendalian inflasi. “Kalau BI melihat ekspektasi inflasi sudah bisa dikendalikan, tidak akan perlu upaya kebijakan moneter ketat lagi,” pungkas Menkeu.(nic)