Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penguatan Laju Pertumbuhan Ekonomi Domestik Diprediksi Terus Berlanjut

Jakarta, 22/04/2016 Kemenkeu - Pertumbuhan ekonomi domestik pada triwulan I-2016 diprediksi meningkat dan akan terus berlanjut pada triwulan II-2016. Konsumsi dan investasi pemerintah menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2016.

Laju pertumbuhan yang positif tersebut tidak lepas dari belanja barang dan modal pemerintah yang meningkat signifikan, seiring dengan percepatan proyek-proyek infrastruktur pada triwulan I-2016. Sejalan dengan perkembangan tersebut, investasi swasta diperkirakan akan mulai meningkat pada triwulan II-2016.

Selain itu, konsumsi rumah tangga juga diperkirakan masih cukup kuat. “(Hal ini) terindikasi dari penjualan eceran dan kendaraan bermotor yang mulai tumbuh positif serta keyakinan konsumen yang terus membaik,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara dalam keterangan resminya pada Kamis (21/4).

Sementara itu, kinerja ekspor beberapa komoditas mulai menunjukkan perbaikan, terutama tekstil, alat listrik, dan kendaraan untuk penumpang. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan semakin baik pada triwulan II-2016, ditopang oleh konsumsi dan investasi yang meningkat.(nv)