Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengurangan Subdisi BBM Salah Satu Cara Perbaiki Gini Ratio

Jakarta, 03/06/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengungkapkan, salah satu cara untuk memperbaiki koefisien gini (ukuran ketimpangan distribusi) atau gini ratio yang terjadi di Indonesia adalah dengan pengurangan subsidi, khususnya bahan bakar minyak (BBM).

Menkeu mengatakan, diterapkannya kebijakan tersebut nantinya akan lebih berdampak pada masyarakat kalangan atas, karena saat ini BBM bersubsidi banyak dinikmati kalangan tersebut. Sementara, untuk kalangan bawah dampaknya tidak akan terlalu terasa, karena pemerintah telah mempersiapkan berbagai paket kompensasi. "Salah satunya untuk memperbaiki koefisien gini adalah subsidi BBM-nya diturunkan, karena dengan itu yang lebih terpukul adalah konsumsi yang (kalangan) atas, kemudian uangnya dikasih yang bawah," jelas Menkeu.

Dengan demikian, lanjutnya, kesenjangan antara kalangan atas dan bawah dapat diperpendek jaraknya, sehingga akan ada pemerataan ekonomi di kalangan masyarakat. "Ketimpangan pendapatannya ternyata terjadi. Ini sesuatu yang harus kita perhatikan dengan baik-baik dalam struktur pajak, termasuk redistribusi," tambahnya.(rja)