Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pengusaha Tangguh, Kunci Reformasi Struktural Menyeluruh

Jakarta, 24/11/2015 Kemenkeu - Selain peran pemerintah, Indonesia juga memerlukan pengusaha yang tangguh untuk menjalankan roda perekonomian. Oleh karena itu, reformasi struktural Indonesia harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk di sektor mikro.

Dalam seminar nasional dan kongres ketiga Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) Pontianak yang digelar pekan lalu, Menkeu menekankan bahwa pengusaha yang tangguh merupakan fondasi bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan. Ia menambahkan, efektivitas kebijakan fiskal dan moneter yang ditempuh tergantung pada pelaku usaha di lapangan.

“Kebijakan fiskal, moneter ini nggak akan sustain kalau landasan mikronya rapuh. Kebijakan fiskal, moneter, tidak akan efektif kalau kita tidak mempunyai pengusaha yang tangguh,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depan, Indonesia dapat melahirkan pengusaha-pengusaha yang tangguh, yang dapat menopang kegiatan perekonomian. “Yang menjalankan ekonomi itu bukan pemerintah terus-menerus, yang menjalankan ekonomi adalah pengusaha, dunia usaha dengan karyawannya,” tambahnya.(nv)