Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peningkatan Infrastruktur Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 08/10/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah Indonesia menyadari bahwa peningkatan infrastruktur fisik Indonesia dapat mendukung laju pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan menigkatkan daya saing.  Menurut Manajer Sektor dan Ekonom Utama Bank Dunia untuk program perekonomian Indonesia Jim Brumby, infrastruktur yang lebih baik juga dapat meningkatkan hasil pembangunan bagi sektor lainnya, seperti dalam bidang kesehatan dan pendidikan, serta meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat.


Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi dan investasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan laju pembangunan infrastruktur. "Bukti-bukti terbaru yang dihimpun oleh Bank Dunia menunjukkan bahwa tambahan investasi terhadap stok infrastruktur di Indonesia belum mencukupi sejak krisis keuangan Asia, menyebabkan stok infrastruktur menurun dibandingkan total stok investasi dan ekonomi," ucapnya di Jakarta, Jumat (4/10).


Bank Dunia dalam laporan triwulanan ekonomi Indonesia edisi Oktober 2013 juga menilai bahwa Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan konektivitas internasional, karena hal tersebut  memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing ekspor Indonesia dan mendorong investasi. Ia menambahkan, kinerja ekonomi Indonesia masih kokoh dibanding negara-negara mitra dagang utama.(ak)