Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peningkatan Kualitas SDM sebagai Motor Penggerak

Jakarta, 23/11/2015 Kemenkeu – Sebuah organisasi berjalan dengan motor penggerak yang diberikan oleh Sumber Daya Manusia-nya. Oleh karena itu, salah satu hal yang harus mendapat perhatian penting di lingkungan Sekretariat Jenderal adalah manajemen Sumber Daya Manusia. Ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat Rapat Dinas Sekretariat Jenderal 2015, akhir pekan lalu di Yogyakarta.


“Kementerian sangat terantung antusiasme dari warganya. Manajemen SDM yang baik selain mempunyai administrasi yang baik, tetapi juga pemberdayaan dari manusianya sendiri,” tegas Menkeu. Sebagai salah satu Kementerian yang memiliki kekhasan dengan SDM terbaik, Kementerian Keuangan harus terus dapat menjaga dan meningkatkan kualitas SDM-nya.


“Kalau bisa kita buat program pegawai untuk Strata 1 yang baik, kita biayai ke sekolahnya,” tambah Menkeu. Ini menjadi tugas untuk beragam biro, lembaga serta pusat yang ada di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.


Pada kesempatan itu pula, Menkeu menegaskan peran vital Sekretariat Jenderal dalam mendukung tugas dan fungsi seluruh unit Eselon I dan Pimpinan Kementerian Keuangan.  “Bisa dibayangkan kalo di suatu kementerian tidak ada Setjen-nya, kita butuh unit yang lintas sektoral. Dan lintas sektoral inilah haruslah prime mover karena dia harus men-support unit eselon I lainnya dengan sinergi yang baik,” ungkap Menkeu.


Di akhir sambutannya, Menkeu mengimbau jajaran pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal untuk terus meningkatkan kinerjanya. "Marilah kita menyelesaikan tahun ini dengan sebaik-baiknya dan menatap dan mempersiapkan 2016 dengan lebih baik," tutup Menkeu. (as)