Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peningkatan Opini WTP Sebagai Batu Loncatan Menuju Era Akrual

Jakarta, 02/10/2015 Kemenkeu - Penyusunan Laporan Keuangan tahun 2014 menjadi penyusunan laporan keuangan terakhir yang menggunakan basis akuntansi Kas Menuju Akrual atau Cash Toward Accrual. Untuk Tahun 2015, Laporan Keuangan pemerintah sudah diwajibkan menggunakan basis Akrual.

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, dengan peningkatan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di banyak Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah baik Pusat maupun daerah, menjadi prestasi tersendiri untuk mendukung kesuksesan pelaporan akrual.


“Opini audit yang baik di era akuntansi kas menuju akrual ini, merupakan capaian berharga serta menjadi milestone dalam memasuki era baru akuntansi dan pelaporan keuangan berbasis akrual,” ungkap Menkeu pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah di Aula Dhanapala, Jakarta pada Jumat (02/10).


Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo mengenai pengelolaan keuangan. “Pengelolaan keuangan negara yang baik adalah unsur untuk mencapai good governance. APBN yang meningkat menutut pengelolaan keuangan yang tertib,” katanya.


Ia juga menyampaikan harapannya untuk pemerintah yang belum mencapai WTP agar terus berupaya melakukan perbaikan. Ia juga menginstruksikan untuk bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam menerapkan akuntansi berbasis akrual. “Rakernas APK dapat menjadi momentum untuk bekerja kergas guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah,” pungkasnya. (as)