Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peningkatan SDM Guna Antisipasi Inovasi Sektor Keuangan Global

Jakarta, 05/07/2013 MoF (Fiscal) News – Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting untuk mengantisipasi berbagai inovasi dalam sektor keuangan global. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri, Kamis (4/7) di Jakarta. Menurut Menkeu, fungsi pelaksanaan pendidikan pelatihan dan penyuluhan dapat dilakukan menyusul telah ditandatanganinya kesepakatan bersama (MoU) antara Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"MoU ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita antar pajak dan OJK untuk mengantisipasi berbagai inovasi dan perubahan yang terjadi di dalam sektor keuangan secara global. Kita harus mengakui walau kualitas SDM sudah jauh lebih baik, tetapi kita masih punya banyak ruang untuk melakukan berbagai pengembangan dan perbaikan," kata Menkeu.

Seperti diketahui, MoU antara DJP dan OJK memiliki ruang lingkup harmonisasi peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan dan perpajakan, pemanfaatan data dan informasi dalam melaksanakan fungsi pengawasan serta pelaksanaan pendidikan pelatihan dan penyuluhan untuk kedua belah pihak.

“Perubahan peraturan terjadi begitu cepat, seperti pertemuan dalam OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development) yang mulai membahas aturan tertentu yg berkaitan dengan sektor keuangan seperti tax heaven, serta regulasi akuntansi. Ini tentu akan memberi pengaruh terhadap kinerja. Maka dibutuhkan tenaga kerja yang andal dan mampu untuk mengantisipasi ini,” imbuhnya. (ak)