Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peninjauan Jalur Mudik Lebaran Terhadap Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar

Jakarta, 19/06/2017 Kemenkeu - Komisi V DPR RI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta instansi pemerintah lainnya melakukan kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Lampung pada Kamis (15/06) yang dipimpin oleh Sigit Sosiontomo. Tinjauan dilakukan terhadap pembangunan jalan Tol Terbangi Besar - Bakauheni dalam rangka persiapan jalur mudik lebaran.

Ruas Pelabuhan-Bakauheni adalah bagian dari ruas Tol Trans Sumatera yang nantinya akan mempermudah pengguna jalan dari Pelabuhan Merak yang menyeberang dan turun di Pelabuhan Bakauheni dan bisa memilih untuk langsung masuk langsung menggunakan jalan tol atau  menggunakan jalan nasional biasa untuk melanjutkan perjalanan.

Dikutip dari situs Kementerian PUPR, Pembangunan Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar terbagi menjadi 4 (empat) paket pekerjaan. Kunjungan Kerja (kunker) kali ini meninjau ruas Lematang – Kota Baru yang termasuk dalam paket pekerjaan Bakauheni - Terbanggi besar pada paket 2 (dua). Menurut Pemimpin Proyek (Pimpro) PT. Hutama Karya, Slamet Sudrajat yang mana PT. HK membenarkan bahwa pembangunan tol Bakauheni - Terbanggi besar. Saat ini progress fisik untuk pembangunan ruas jalan tol tersebut telah mencapai 95% dengan panjang 5,4 km yang merupakan ruas Lematang - Kota baru telah da digunakan untuk jalur lebaran nanti.

Di sisi lain, pembebasan lahan masih menjadi permasalahan pada pekerjaan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar menurutnya masih ada sekitar 15% permasalahan pembebasan lahan disetiap paket pekerjaan tol tersebut, pada paket 2 (dua) sudah sekitar 90% permasalahan pembebasan lahan yang berhasil untuk diatasi hal ini yang membuat beberapa pekerjaan pada paket ke 2 (dua) masih terdapat pekerjaan yang tertunda. Komisi V DPR RI sangat berharap Pemerintah Daerah dapat menuntaskan pembebasan lahan.

Komisi V dan pihak terkait dalam pembangunan tol Bakauheni – Terbanggi Besar berharap bahwa dengan telah selesainya ruas pembangunan tol paket 2 (dua) Lematang – Kota Baru dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam menempuh perjalanan di Provinsi Lampung dan memberikan dampak positif terutama kemajuan dan kesejahteraan pada perekonomian Provinsi Lampung. (nr/rsa)