Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pentingnya Hubungan Bilaterial, Total Nilai Kerja Sama dengan AS Capai USD90 Triliun

Jakarta, 19/09/2016 Kemenkeu - Pemerintah berkomitmen melakukan reformasi ekonomi dan kerjasama bilateral ekonomi yang lebih baik, salah satunya adalah kerja sama dengan Amerika Serikat. Dari kajian yang diluncurkan oleh AmCham Indonesia dan US Chamber of Commerce, nilai total kerja sama ekonomi bilateral ini per tahun melampaui USD90 triliun.


“Saya sangat optimis Amerika Serikat akan terus tetap sebagai salah satu mitra ekonomi yang penting bagi Indonesia,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution seperti dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada Senin (19/09).


Ia juga meyakinkan bahwa Pemerintah Indonesia akan tetap melaksanakan komitmennya terkait Paket Kebijakan Ekonomi serta Satuan Tugas Percepatan dan Efektivitas Kebijakan Ekonomi. “Kita semua harus yakin bahwa pemerintah akan terus meninjau implementasi Paket Kebijakan Ekonomi dan reaksi pasar terhadap insentif ini,” tambahnya.


Gejolak ekonomi global merupakan salah satu hambatan bagi perekonomian Indonesia. Menurutnya, untuk dapat memberikan solusi agar ekonomi Indonesia tidak semakin tergerus, peningkatan kerja sama ekonomi bilateral menjadi penting. “Kita perlu bersama-sama mencari kemungkinan investasi, tidak hanya di proyek infrastruktur, tetapi juga sektor lain seperti industri ekonomi kreatif dan lain-lain," kata Darmin. (as)