Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pentingnya Jaga Stabilitas Domestik

Jakarta, 24/01/2017 Kemenkeu – Amerika Serikat baru saja memiliki Presiden baru. Kebijakan baru yang mungkin dikeluarkan oleh Presiden Trump menjadi tantangan baru bagi pemerintah Indonesia. Namun, menurut anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti, risiko terbesar sebenarnya datang dari kondisi domestik Indonesia.

“Sebenernya the biggest risk buat Indonesia adalah kondisi domestik kita sendiri. Kalau misalnya kita tidak bisa menjaga stabilitas kita, apakah itu di ekonomi atau di politik,” jelasnya saat diwawancarai di Jakarta pada Senin (23/01).

Presiden Trump telah menyebutkan bahwa ia akan menerapkan aturan yang melindungi Amerika Serikat. “Kita bisa kena karena dampak tidak langsung dari China, karena kan sebenarnya perangnya dengan China. Cuma, Trump itu orangnya kan nggak bisa diduga,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dapat mengoptimalkan ekonomi domestik di tengah ketidakpastian global. “Kita punya domestik ekonomi kita yang memang masih perlu kita tekanin,” katanya. Ia yakin pemerintah saat ini telah menyiapkan beragam kebijakan. “Bagaimana kita meningkatkan pemerataan pembangunan, termasuk pemerataan pendapatan di antara masyarakat sama bagaimana meningkatkan daya saing,” jelasnya. (as/rsa)