Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pentingnya Koordinasi untuk Susun Strategi Pendalaman Pasar Keuangan

Jakarta, 08/04/2016 Kemenkeu - Pasar keuangan dapat menjadi salah satu sumber dana bagi pembangunan untuk pertumbuhan. Oleh karena itu, butuh sinergi untuk menyusun strategi nasional yang komprehensif terkait pengembangan dan pendalaman pasar keuangan. Bersama Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, pemerintah merasa perlu adanya sinergi ini, yang salah satunya diwujudkan dengan koordinasi antar lembaga tersebut.

Dari data, pasar keuangan Indonesia masih relatif rendah jika dibandingkan negara-negara tetangga. Contohnya dana deposito masih relatif rendah jika berbanding dengan PDB yaitu hanya sebesar 40,7 %. Angka ini jauh tertinggal dari Singapura yang sudah mencapai 137% dan Malaysia yang sudah sebesar 95 %. Padahal pasar keuangan yang dalam, aktif dan likuid menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

 “Kami menyadari masih banyak inisiatif yang bisa kita lakukan dalam rangka pengembangan pasar keuangan untuk mendukung pembangunan nasional. Upaya tersebut dapat lebih efektif dan terarah dengan adanya mekanisme koordinasi yang lebih jelas sebagaimana tertuang dalam MoU ini,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro selepas menandatangani MoU terkait Pendalaman Pasar Keuangan untuk Mendukung Pembiayaan Pembangunan Nasional, di Aula Djuanda, Kemenkeu pada Jumat (08/04).

Ia berharap, dengan mekanisme koordinasi yang ada dalam MoU ini dapat menjadi langkah awal koordinasi yang lebih intensif. “Yang tujuannya untuk mengembangkan pasar keuangan guna mendukung pembiayaan pembangunan perekonomian nasional sesuai amanat pasal 33 UUD 1945,” kata Menkeu.  (as)