Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pentingnya Pembiayaan Swasta untuk Bangun Infrastruktur

Jakarta, 05/08/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini bahwa pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat tersedia tanpa harus menggunakan dana dari APBN, yaitu berasal dari pihak swasta. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengundang pihak swasta agar lebih tertarik dalam membiayai pembangunan infrastruktur ini.


Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. “Kementerian Keuangan akan sediakan kebijakan yang baik agar tidak dianggap sebagai hambatan, mulai dari pajak, bea cukai maupun administrasi lainnya,” kata Menkeu saat penutupan World Islamic Economic Forum ke 12 di JCC, Jakarta pada Kamis (04/08).


Dengan dukungan swasta, pembiayaan ini dapat dilakukan, mengingat infrastruktur sangat penting untuk menciptakan ekonomi yang terintegrasi dan kesetaraan antar daerah. Selain itu, lapangan pekerjaan juga dapat tercipta jika pembiayaan bagi infrastruktur ini tersedia. “Pada akhirnya, lapangan pekerjaan tercipta dari sektor swasta oleh karena itu, meningkatkan iklim bisnis yang baik adalah sangat penting,” tambah Menkeu.


Menurut Menkeu, Presiden telah menyatakan pentingnya infrastruktur, karena ini terkait kesetaraan dan inklusivitas. “Kebutuhan ini ada karena infrastruktur dapat menciptakan ekonomi yang lebih terintegrasi dan juga kesetaraan baik secara geografis maupun kesetaraan pendapatan,” ungkapnya. (as)