Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pentingnya Swasta dalam Integrasi Wilayah

Jakarta, 03/08/2016 Kemenkeu – Dalam integrasi wilayah, seperti yang terjadi pada negara-negara ASEAN, sektor swasta memiliki peran penting atas keberhasilan kerja sama ekonomi di wilayah tersebut. Integrasi wilayah dapat menciptakan kesejahteraan bagi wilayah tersebut, namun hal ini hanya dapat diraih jika sektor swasta dapat ikut andil dalam memperkuat jaringan itu.


“Penting untuk dipahami bahwa kerja sama pemerintah swasta dapat diwujudkan jika ada hubungan baik antar jejaring pihak swasta,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, saat membuka panel diskusi antar Menteri dalam acara World Islamic Economic Forum di Jakarta pada Selasa (02/08). Oleh karena itu sektor swasta harus dapat saling mengerti satu sama lain, dan dapat menekan pembuat kebijakan agar bisa menyediakan kebijakan yang mendukung.


Saat ini, dunia memang masih mempertanyakan keberhasilan integrasi wilayah. Namun dengan kerja sama ekonomi yang ditunjukkan oleh ASEAN, hal ini dapat menjadi bukti bahwa integrasi wilayah juga dapat membawa dampak positif.  “Ekonomi ASEAN tumbuh secara signifikan dan menjadi salah satu wilayah yang beridiri dengan kerja sama yang sangat baik,” tambah Menkeu.


Jika ini dapat dimaksimalkan, integrasi wilayah seperti ASEAN, dapat menciptakan kesempatan besar bagi negara-negara anggotanya, dimana investor dapat diyakinkan bahwa wilayah ini adalah tempat yang aman untuk aktifitas ekonomi. (as)