Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penuhi Target Penerimaan Negara,Pemerintah Genjot Pajak UKM

Jakarta, 30/09/2013 MoF (Fiscal) News – Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menjelaskan bahwa penurunan penerimaan pajak badan, khususnya dari perusahaan besar merupakan imbas dari kondisi ekonomi global yang belum membaik. Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah harus melakukan upaya-upaya untuk memperluas jangkauan pajak dari wajib pajak yang lebih kecil.

“Kondisi ekonomi global mengakibatkan banyak pembayar pajak besar kita, yaitu perusahaan-perusahaan yang selama ini menjadi pembayar pajak terbesar itu mengalami penurunan laba. Oleh karena itu, otomatis pajak penghasilan yang dibayarkan kurang. Pajak UKM (Usaha Kecil dan Menengah) itu kan salah satu cara untuk menjangkau dan memperluas wajib pajak,” kata Plt. Kepala BKF.

Dalam menyasar pajak UKM, Pemerintah tidak hanya akan melihat pada jumlah pendapatan yang diterima, tetapi juga dari efektivitas ekstensifikasi dari sektor tersebut. Plt. Kepala BKF menegaskan bahwa efek kompensasi penurunan pendapatan perusahaan dari pengenaan pajak UKM pada tahun 2014 terhadap penerimaan negara merupakan tujuan utama, karena yang disasar adalah efek jangka panjang. “Artinya ya kita bukan melihat kepada jumlahnya, tapi melihat kepada ekstensifikasinya dulu,” ujar Plt. Kepala BKF.(nic)