Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penyaluran BLSM Mulai Juli 2013

Jakarta, 19/06/2013 Fiscal News MoF – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menyatakan bahwa pencairan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) akan dilakukan mulai Bulan Juli 2013 untuk dua bulan sekaligus. “(akan diberikan pada) Juli dan September, kita gelontorkan per dua bulan,” kata Menkeu.
Menkeu menambahkan, pencairan BLSM tersebut dapat lebih cepat jika proses administrasi dan pengisian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dapat dipercepat, sebagai salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono pada Selasa (18/6) menyatakan bahwa tidak ada muatan politik dalam pemberian BLSM. BLSM merupakan perlindungan dan kompensasi bagi masyarakat miskin atas inflasi yang muncul setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Selain BLSM, pemerintah juga telah menyiapkan berbagai paket kompensasi lainnya, seperti beasiswa, pemberian beras miskin (raskin), Program Keluarga Harapan (PKH), serta pembangunan infrastruktur desa.(iin)