Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penyaluran KUR Sasar Daerah Luar Jawa

Jakarta, 14/02/2017 Kemenkeu - Pemerintah bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat untuk meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada daerah-daerah di luar Jawa dan daerah-daerah konsentrasi kemiskinan. Hal ini dilakukan dengan memegang asas keberpihakan serta memperhatikan kesenjangan dan keadilan ekonomi.


Para anggota komisi XI menyampaikan kekhawatirannya bahwa KUR masih berfokus di Pulau Jawa. Oleh karena itu nantinya diharapkan sistem penyaluran KUR dapat difokuskan pada satu bank dengan jaringan luas dan konsentrasi ke kredit rakyat.


"Pemerintah sepenuhnya sepakat bahwa kita harus semakin menyempurnakan penyaluran KUR ini sehingga tepat sasaran, kemudian membantu kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat rapat kerja (raker) dengan komisi XI, di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (14/02).


Di kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir juga menyebutkan bahwa evaluasi program KUR ini akan terus dilakukan. "Karena ini tahun ke dua, kita akan melakukan terus menerus evaluasi dan tentu saja dengan evaluasi ini kita akan terus memperbaiki. Dari sisi koordinasi policy, Pak Menko sudah menyampaikan dengan berbagai macam inisiatif perbaikan," jelasnya.


Sebagai informasi, dalam raker ini hadir juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Raker ini merupakan kelanjutan dari raker untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan yang telah diajukan oleh anggota komisi XI pada 9 Februari lalu. (mr/as)


Informasi lengkap mengenai KUR dapat dibaca melalui www.kur.ekon.go.id