Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penyelundupan Narkotika 1,66 Kg Digagalkan

Jakarta, 25/04/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta menggagalkan upaya penyelundupan barang larangan berupa narkotika dengan total sebanyak 1.660 gram Metamphetamine, dengan estimasi nilai barang sebesar Rp2,241 miliar. Penggagalan ini dilakukan terhadap dua kasus yang terjadi pada 16 dan 18 April 2013.

 
Dalam konferensi pers pada Selasa (23/4), kasus pertama dijelaskan terjadi pada 16 April 2013 yang didapat dari penumpang pesawat asal Singapura yaitu seorang perempuan WN Afrika Selatan. Ia dicurigai oleh petugas berdasarkan hasil analisa intelijen dan profiling penumpang Customs Tactical Unit (CTU) KPPBC Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta. Dari hasil pemeriksaan mendalam, petugas menemukan kristal bening yang diduga Methamphetamine seberat 1.560 gram bruto, yang disembunyikan di dalam dinding palsu pada dasar koper yang dibawanya.
 
Kemudian, dari pengembangan ke daerah Slipi, petugas berhasil menangkap seorang perempuan WNI dan di daerah Kemanggisan, petugas berhasil menangkap seorang laki-laki WN Nigeria. Dari hasil uji laboratorium Balai Pengujian dan Identifikasi Barang  Bea dan Cukai (BPIB) Cempaka putih, kristal bening tersebut dinyatakan positif sebagai Methamphetamine.
 
Kemudian, pada kasus kedua, petugas menerima informasi dari analisa intelijen mengenai upaya pemasukan barang larangan berupa paket asal Dubai. Kemudian, petugas melakukan pemeriksaan awal dan menemukan 4 buah sabun batang. Dari pemeriksaan mendalam, petugas menemukan 9 kapsul di dalam sabun batang tersebut, seberat 100 gram. Melalui pengembangan temuan dengan alamat penerima di daerah Pamulang, petugas menemukan seorang laki-laki WNI. Hasil pengujian lab BPIB Cempaka Putih menyatakan kristal bening tersebut positif narkotika dari jenis Methamphetamine.