Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penyerapan Belanja Pemerintah Dapat MeningkatPada Kuartal IV 2010


Jakarta, 29/11/2010 MoF (Fiscal) News - Kondisi penyerapan belanja pemerintah dari APBN 2010 turut menjadi perhatian Bank Indonesia (BI). Melalui Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono, BI berharap penyerapan belanja pemerintah dapat meningkat pada kuartal IV 2010. Hal ini dikatakan Hartadi dalam acara Economic Outlook 2011 yang bertajuk  “Memanfaatkan Momentum Investasi dan Ekpansi” pada Senin (29/11).

 

Pembiayaan untuk proyek-proyek besar, lanjut Hartadi, diharapkan dapat menjadi penopang utama dalam meningkatkan laju penyerapan belanja pemerintah pada kuartal IV 2010, karena hal ini akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi, agar belanja pemerintah dapat meningkat seperti saat pemerintah mengadakan stimulus fiskal. Hartadi juga optimis, government spending (belanja pemerintah) pada kuartal IV tahun 2010 dapat mencapai 6%. "Jika di kuartal IV nanti bisa mencapai enam persen, kita optimistis pertumbuhan ekonomi 2010 akan mencapai enam persen. Jadi, kuncinya sekarang di pertumbuhan ekonomi kuartal IV," kata Hartadi.

 

Terkait besarnya cadangan devisa Indonesia, Hartadi berujar, hal ini dapat menjaga kondisi perekonomian Indonesia, terutama saat dihantam krisis dan gejolak ekonomi. “Cadangan devisa kita yang besar, bisa digunakan untuk menjaga perekonomian jika tiba-tiba ada gejolak. Ini artinya kita sudah sedia payung sebelum hujan," ujarnya.(uno)