Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Penyesuaian RKA-KL Perlu Dilakukan

Jakarta, 25/07/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menghadiri rapat Kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) membahas mengenai penyesuaian Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) tahun 2017 hasil pembahasan Badan Anggaran bertempat di ruang rapat komisi XI DPR RI, pada Senin (24/07).

Penyesuaian RKA-KL perlu dilakukan agar belanja negara dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. "kita dalam kondisi growth kelas menengah banyak, namun infrastruktur kita tidak bisa mengikuti sehingga biaya ekonomi makin tinggi. Oleh karena itu kita perlu membangun infrastruktur. Di Jakarta kita bisa lihat betul bagaimana kemacetan bisa mengurangi produktivitas dan cost of doing business kita menjadi meningkat," ujar Menkeu.

Menurut Menkeu, Indonesia memiliki demografi yang sangat muda, sehingga masyarakat dipandang perlu mendapatkan investasi di bidang pendidikan dan kesehatan. Investasi tersebut perlu dilakukan sekarang agar di masa depan masyarakat Indonesia bisa menjadi tenaga kerja yang produktif.

Selain itu, Menkeu meyakinkan bahwa selanjutnya pemerintah akan berusaha untuk mengestimasi seakurat mungkin proyeksi penerimaan dan akan membuat estimasi serta perencanaan belanja yang lebih baik. Hal ini dilakukan agar belanja negara menjadi lebih efisien. (mr/rsa)