Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peran APIP Dalam Mengawal Nawacita

Jakarta, 22/10/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan dan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) menyelenggarakan Konferensi Auditor Intern Pemerintah Tahun 2015. Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menekankan salah satu tujuan konferensi ini adalah para Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dapat mendukung untuk mengawal nawacita yang sedang dijalankan pemerintahan saat ini.


“APIP bisa meningkatkan kapabilitasnya untuk menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan negara serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani,” jelasnya saat acara yang berlangsung di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (22/10). Dari sini, APIP diharapkan dapat mendorong penguatan pengawasan internal pemerintah, baik di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. “Tujuannya untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang besih dan bebas KKN,” tambah Menkeu.


Menurut Menkeu, pengawasan internal menjadi salah satu pilar penting dalam reformasi birokrasi nasional yang sedang berlangsung saat ini. “Penguatan pengawasan internal akan sangat mempengaruhi pelaksanaan 8 pilar reformasi birokrasi lainnya dalam rangka mewujudkan good governance, serta meningkatkan kinerja instansi pemerintah, pelayanan publik dan kepercayaan publik kepada pemerintah,” pungkasnya.


Sebagai informasi, dalam acara ini hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana dan Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. (as)